POKJA BRC

Latar

Pokja BRC (Baraya Cibeunying) adalah sebuah kelompok kerja yang terbentuk pada tahun 1998,difasilitasi oleh LPM SUKALUYU bertepatan dengan Program Jaring Pengaman Sosial yang di canangkan oleh BJ.Habibie,pada saat kondisi ekonomi Indonesia carut marut.

Kelompok Kerja ini dibentuk oleh beberapa potensi sdm lokal yang berada di Kelurahan Sukaluyu,atas dasar keinginan bersama sebagai warga masyarakat,untuk bertahan dalam menghadapi situasi Sosial,ekonomi yang tidak menentu.
Konsep kerja kelompok adalah  berorientasi pada pemanfaatan sumber daya alam,terutama pemanfaatan limbah, dengan melibatkan sumber daya manusia lokal yang kreatif  berwawasan kedepan.

Kegiatan kerja yang dilaksanakan  adalah berupaya menghasilkan produk barang jadi yang ramah lingkungan dari hasil pemanfaatan berbagai limbah, direkayasa sedemikian rupa agar mempunyai nilai jual lebih serta  berorientasi pasar.

Kegiatan kerja Kelompok  secara alami  akan memunculkan kreator2 baru dengan design produk baru.

PRODUK PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS LINGKUNGAN

DALAM

PEMANFAATAN DAN REKAYASA LIMBAH

1. Produk Speaker Aktif 3 dimensi (Konsep Kerja Pemberdayaan Masyarakat Sukaluyu tahun 1998 )


Produk Speaker Aktif 3 Dimensi Adalah sebuah produk pemanfaatan limbah yang hingga saat ini telah mengalami beberapa inovasi dalam bentuk dan Kwalitas suara yang dihasilkan, disamping itu selalu di kembangkan konsep pemanfaatan limbah, agar bahan yang digunakan lebih banyak lagi menggunakan limbah Plastik,Spon ataupun kertas. Pembuatan Produk ini dikerjakan bersama sdm dari beberapa RW se Kelurahan Sukaluyu dari berbagai di siplin ilmu diantaranya: disiplin ilmu Elektronika,Mekanik,Sipil.

Pemasaran Speaker Aktif 3 Dimensi telah menyebar ke beberapa tempat di luar Pulau Jawa, seperti Kalimantan,Irian dan Sumatra.

2. Produk Photo Frame (konsep th 2006)

Bahan menggunakan limbah Plastik dan limbah bubuk gergaji

3. Produk Tatakan bunga Artistik(konsep 2006)


bahan menggunakan limbah Plastik dan bubuk gergaji

4.Produk  Lampu Duduk  (konsep 2007)


Bahan menggunakan limbah plastik ,logam dan bubuk  gergaji

Dari tahun 1998 hingga saat ini kelompok kerja ini masih tetap eksis mempertahankan konsep program, tetapi dikarenakan berbagai situasi yang belum mendukung,maka kegiatan program ini baru sebatas Pre order dan pengembangan design,sedangkan produksi dan pemasaran masal  belum begitu berkembang,hal ini dapat terjadi apabila ada turun tangan dari pemerintah ataupun swasta yang peduli terhadap pemberdayaan masyarakat lokal dan pemanfaatan limbah.mudah2an di masa depan konsep program ini bisa dikembangkan ke daerah lain dengan cara mengadakan pelatihan2 Karang taruna di tiap2 RW, sehingga secara minimalis bisa mengurangi sampah non organik serta akan merupakan pemberadayaan ekonomi kerakyatan berbasis lingkungan dan tidak menutup kemungkinan Industri  Indonesia bisa benar-benar bangkit secara sytematis dari masyarakat bawah dan dari berbagai disiplin ilmu formal/Non formal. SEMOGA!!!

Responses

  1. TERTARIK P2KB NCH,PUNYA LOGONYA?

  2. Wah salut untuk Kampoeng Cibenying…. Saya jadi iri kapan ya di daerah saya bisa seperti itu…. Potensi dan minat warga bisa dikembangkan dan difasilitasi oleh instansi terkait demi pembangunan yang lebih baik…..

  3. asslmkm pak Alvin,

    gabung saja dengan kegiatan kecamatan Cibeunying Kaler yang insya Allah berjalan 2011 ini, perincian kegiatan nanti saya sertakan

    terimakasih


Berikan komentar anda untuk kemajuan kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: