Progres

BACKGROUND

>Hingga saat ini RW 04 Cibeunying Landeuh belum banyak berkembang secara maksimal,terutama dalam pemberdayaan SDM dan peningkatan sumber daya usaha Mandiri.
>Kegiatan pembangunan sarana dan prasarana di RW 04 baru terbatas pada kegiatan pembangunan Phisik,belum mencakup program pembangunan manusia seutuhnya
>Berbagai program Pemerintah Pusat yang menyangkut pengembangan perkotaan hingga saat ini di RW 04 belum dikembangkan secara maksimal terutama dalam melibatkan seluruh komponen yang ada masyarakat bawah.
>Hasil kemajuan yang telah dicapai di RW 04 belum dapat teranalisa secara administratif
>Tidak ada konsep kegiatan tertulis untuk memberdayakan berbagai potensi lokal yang ada,terutama dalam melibatkan potensi Generasi Muda dan anak usia Wajib belajar berkenaan dengan Program Pendidikan dan Lingkungan Hidup.
>Berbagai program yang menyangkut Wajib belajar sembilan tahun, belum terealisasi seluruhnya.
>Berbagai organisasi kemasyarakatan yang ada di RW 04 belum terorganisir untuk bekerja bersama secara sistemasi

SEKILAS.

RW (Rukun Warga) merupakan sebuah organisasi kelompok masyarakat yang dibina Pemerintah,dibentuk dengan tujuan dapat memobilisasi dalam menjalankan serta menciptakan berbagai kegiatan,terutama kegiatan kerja produktif, dengan tujuan kemakmuran sehingga dapat terciptanya kehidupan yang didambakan dengan berlandaskan pada budaya sareundeuk, Saigel,Sabobot, Sapihanean, Sarasa, Sarenghap,sesuai dengan Peraturan Walikota.
Konsep & Agenda kerja harus direncanakan untuk jangka pendek,jangka Panjang dengan cara melibatkan/memberdayakan berbagai potensi produktif yang ada,keterlibatannya akan menyempurnakan dan mempermudah sistemasi kerja,sehingga menjadikan sebuah alur instruksi kerja yang harmonis,berbudaya sauyunan dan mandiri dalam mencapai kesejahteraan dan kemakmuran bersama (Sistem Kerja Kemitraan)
Merupakan salah satu prioritas yang harus diaksanakan adalah menjalin hubungan sedekat mungkin antara generasi pendahulunya dengan generasi muda ,agar terjadi regenerasi, sehingga dapat memperkuat kebersamaan, terutama kegiatan kerja produktif.Kebersamaan ini merupakan sebuah nilai yang dapat diwariskan pada generasi selanjutnya.
Penyeleggaraan kegiatan kerja adalah menggali berbagai potensi yang ada di Rukun Warga sehingga berbagai mekanisme otonomi dapat dijalankan secara sistematis,berkembang dan berorientasi pada era global,dengan dasar kerja kebersamaan(Gotong Royong terkonsep) antara MASYARAKAT Rukun Warga dan Pengurus Rukun Warganya.
Pengurus Rukun Warga dilengkapi dengan Seksi-seksi yang sesuai dengan aspirasi dan Potensi Masyarakat (Bab VI Pasal 18 Ayat 2 peraturan Walikota tahun 2000 tentang tatacara Pembentukan Pengurus Rukun Warga ) , apabila perlu dapat dilengkapi dengan Pembantu-Pembantu.
Seksi-seksi bersama para Pengurus Rukun Tetangga yang akan menentukan Arah kemajuan sebuah kampoeng,karena terbentuk didasarkan pada berbagai Apirasi Masyarakat dan Potensi Daerahnya.
Team Ketua Pengurus bertindak sebagai kreator, kontrol dan fasilitas Program.

BUDAYA

TERPIMPIN – SISTEMATIS – ADIL – BIJAK – BERWAWASAN LINGKUNGAN serta selalu BERORIENTASI PADA GENERASI MUDA

KESIAPAN

~RW (Rukun Warga) adalah sebuah wadah kerja ditingkat masyarakat bawah harus siap mengembangkan berbagai potensi yang ada, dengan merelisasikan sistem kerja bersama (sauyunan) dengan melibatkan serta memberdayakan seluruh warga (teroganisir)
~Berbagai acara silaturahmi dan musyawarah untuk memberdayakan dan memperkuat sistimatis kerja dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kreasi berbagai program yang akan dan sedang berkembang secara sistimatis dan transparan melalui proses pengelolaan kerja terpadu, melibatkan berbagai komponen dan fasilitas yang ada.
Prioritas Program awal yang harus dilaksanakan dan berkaitan dengan Program pemerintah yang sedang berkembang saat ini adalah merencanakan dan merealisasikan kreasi program berkaitan dengan Pendidikan-Kesehatan-Lingkungan.

CIBEUNYING LANDEUH MANDIRI & MAJU

Pembentukan Pengurus Rukun Warga dimulai dari bawah keatas (bottom up) yaitu dengan membentuk seksi-seksi yang sesuai dengan aspirasi masyarakat,dimana tiap seksi mempunyai Ketua Seksi,Wk.Ketua,Sekretaris dan Bendahara (yang masing-masing seksi beranggotakan minimal 4 orang),sehingga diharapkan masing-masing seksi mempunyai wewenang dan tanggung jawab sesuai dengan yang diembannya.
Sangat diharapkan dari seksi-seksi mengajukan konsep kerja beserta Agenda kerja sebelum pembentukan team Ketua Pengurus Rukun Warga (Ketua Rukun Warga,Wk.Ketua,Sekretaris dan Bendahara) sehingga akan memperingan kerja Team Ketua Pengurus Rukun Warga mendatang.

Pembentukan Team Penasihat yang beranggotakan seluruh mantan pengurus dan masyarakat peduli, sangat diperlukan untuk memberikan masukan dan penilaian terhadap Rukun Warga dalam sebuah Forum terbuka.

HARAPAN!!

Mudah-mudahan Kampoeng Cibeunying Landeuh RW 04 mempunyai KONSEP KERJA beserta 44 (empat puluh empat) orang peduli yang siap menata/membina dan membawa kampoengnya
Bersama Kelompok PKK,Kelompok Kegiatan,Kelompok Dasa Wisma
kearah yang lebih maju dan berorientasi kedepan
Demi! Generasi mendatang. Amiin!
%d bloggers like this: