Posted by: cibland | 5 November 2014

URBAN FARMING CIBLAND

KAMPUNG CIBEUNYING LANDEUH BERKEBUN
Program bercocok tanam massal (Budidaya) untuk warga Bandung bernama Kampung Berkebun. diaplikasikan di 151 Rukun Warga se-Kota Bandung, dengan harapan munculnya RW terbaik.
Program Kampung Berkebun adalah program pemanfaatan lahan/ruang terbuka seperti lahan pekarangan, lahan kosong, halaman sekolah, kebun-kebun PKK, dak bangunan, dinding bangunan serta lahan tidur lainnya. Dengan ditanami berbgai jenis tanaman terutama sayuran serta barbagai jenis yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat dan juga tanaman hias. untuk tahap awal sasaran tahun 2014 adalah sebanyak 151 Kelurahan yang mana setiap Kelurahan diwakili oleh satu RW.
151 RW ini merupakan RW percontohan untuk Program Kampung Berkebun di Kota Bandung, sehingga kesiapan dan kesinambungan dalam pelaksanaanya harus tetap terjaga. Dalam hal ini Pemkot Bandung menggandeng komunitas Agritektur untuk membantu pemasaran hasil panen. Rencananya, bersama komunitas tersebut Pemkot Bandung akan menggelar pameran sayuran dan buah lokal bernama BANDUNG AGRI MARKET.
RW 04 Cibeunying Landeuh Kelurahan Sukaluyu Bandung, adalah salah satu RW terpilih yang mendapatkan kesempatan melaksanakan kegiatan program Bandung berkebun 2014 tersebut.

PELAKSANAAN KEGIATAN.

1. AWAL KEGIATAN
Pembentukan kelompok penggerakAwal pelaksanaan Kampung Berkebun di RW 04 Cibeunying Landeuh adalah dengan membentuk 8 (delapan) team penggerak dari masing-masing RT yang setiap team beranggotakan 5 orang, bekerja sama dengan ketua RT masing-masing untuk menggerakan warganya.

2.PEMBIBITAN
pembibitanMelaksanakan penyemaian Biji menjadi bibit siap tanam untuk di tebar di beberapa lokasi yang berada di wilayah RW 04, kegiatan ini dilaksanakan di KEBUN BIBIT bantuan pemerintah Kota Bandung dengan melibatkan masyarakat RW 04

3.PERSIAPAN  LAHAN PEMBESARAN TANAMAN
persiapan-lahan-tanamSambil menunggu penyemaian bibit menjadi siap tanam, masyarakat mulai menyiapakan lahan untuk pembesaran tanaman dengan memanfaatakan lahan lahan yang ada, dengan membuat rak tanam,dan membersihkan lahan-lahan bebas yang dapat dimanfaatkan.

4. PEMBESARAN dan PENYEBARAN BIBIT

pembesaran-tanaman

 Bibit yang siap tanam di pindahkan ke lahan yang telah disiapkan dengan melibatkan kelompok dan karang taruna, bibit tersebut di sebar pula ke seluruh RT yang ada di RW 04.


5. PERAWATAN di MASA PEMBESARAN.

penyebaran-dan-perawatanSelama lebih kurang 3 bulan sejak pemindahan bibit ke lahan pembesaran masyarakat berpartisipasi dalam perwatan terutama dalam penyiraman dan perawatanpemberian pupuk, tanaman tumbuh dengan subur.Anak-anak pun secara tidak disadari ikut mencintai tanaman yang terlihat sangat indah., dan tanpa di instruksi, mereka ikut juga berpartisipasi dalam penyiraman.


6. PANEN KE SATU

panen1Setelah berbagai metoda dan atas partisipasi masyarakat, maka atas rahmatnya, hasil yang didapat sangat menggembirakan, tanaman yang terawat akhirnya masyarakat di temani dari aparat panenkelurahan Sukaluyu  menikmati hasilnya dengan memanen berbagai sayuran segar organik.

Lebih dari 1 tahun kegiatan ini berlanjut, masyarakat bertambah semangat karena kegiatan kampung berkebun ini di Replikasi di seluruh RW yang ada di kelurahan sukaluyu, dimana hampir seluruh kebutuhan kampung berkebun akan di pasok oleh RW 04, sehingga beberapa orang penggiat mendapatkan tambahan rizki untuk se hari-hari dari hasil penjualan berbagai kebutuhan kampung berkebun untuk RW lain. Mudah2an kegiatan kampung berkebun ini dapat berlanjut tanpa henti, agar masyarakat sedikitnya dapat terbantu dengan hasil panen minimal untuk kebutuhan sayuran tidak lagi membeli . amin.

Advertisements

Berikan komentar anda untuk kemajuan kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: